Touring Explore Jawa Tengah - Day 2 - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Touring Explore Jawa Tengah - Day 2

Hari kedua ini kami berencana mengunjungi Ambarawa, Salatiga kemudian berlanjut ke Solo untuk menginap di sana. Perjalanan di mulai dengan mengunjungi museum kareta api Ambarawa. Museum ini banyak sekali yang bisa di pelajari mulai dari lokomotif-lokomotif tua sampai kepada sejarah perkeretaapian di Indonesia. Sebelum berangkat saya sempat mampir di bengkel di Semarang untuk mengganti Oli karena memang KM Si Blue seharusnya sudah service akan tetapi Beres tidak ada yang buka sehingga terpaksa hanya mengganti Oli dan menambahkan air radiator saja di bengkel biasa.
Rute Hari Ke Dua

Anda yang menyukai sejarah pasti akan menyukai tempat ini. Kami dari Semarang masuk ke tol Tembalang - Ungaran lanjut ke Tol Ungaran - Bawen. Keluar tol belok kanan dan ikuti saja jalanan, dan tidak begitu jauh anda akan menemukan museum ini di sebelah kiri jalan. Kami tidak bisa lama-lama di sini karena tujuan selanjutnya adalah Rawa Pening yang terkenal itu dan ketika kami sampai disini juga hujan turun dengan derasnya sehingga tidak bisa berkeliling Museum ini dengan nyaman serta pengujung yang sangat rame sehingga untuk motret juga agak kesusahan.
Koleksi di Museum Kereta Api Ambarawa
Perjalanan di lanjutkan dengan menuju Rawa Pening, butuh waktu hanya sekitar 10 Menit untuk mencapai Rawa Pening dari Museum ini. dan jalanan juga sudah cukup bagus hanya jalanan agak sempit sehingga agak sulit apabila bertemu dengan mobil yang berbadan lebar.

Sepanjang jalan kita akan di suguhi pemandangan yang indah sekali. Sesampai di Rawa Pening Hujan kembali turun sehingga niat kami untuk berkeliling Rawa dengan kapal harus di urungkan. dan hanya menikmati tempat ini dari pinggir saja. Kami juga disini tidak begitu lama karena memang tidak ada aktifitas yang bisa di lakukan disini. Perjalanan berlanjut ke Kota Salatiga.

Inilah pemandangan di Rawa Pening

Kurang lebih 1 jam perjalanan yang di tempuh untuk mencapai Salatiga, kota ini tidak begitu besar dan kami makan Sate Sapi Suruh yang terletak di tengah Kota Salatiga. sate ini selalu ramai oleh pengunjung. Tidak hanya mencicipi satenya, kami juga mencicipi Baksonya yang menurut kami standar rasanya. Tetap daya tarik ada pada Sate Sapinya yang enak banget. Dengan Bumbu Khasnya yang menyerap. Tapi harus bersabar untuk makan disini karena antriannya lumayan panjang, kami saja harus menunggu sekitar 1 jam untuk 2 porsi Sate.
Sate Sapi Suruh Salatiga
Sambil kami menunggu seorang Teman yang akan menjemput kami di tempat Sate ini, kami berencana untuk mampir sebentar ke rumahnya terima kasih banyak atas jamuan mi ayamnya yang enak.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Mamat datang dan kamipun menuju salah satu toko oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh berupa Grubi yang merupakan oleh-oleh khas dari Salatiga. Toko Oleh-oleh ini tepat berada di depan Te Pe Kong.

Saya sempat mandi di rumah Mamat yang airnya dingin banget, benar-benar bikin betah di Salatiga ini. Udara Sejuk dan bersih disini memang bikin betah. Apalagi banyak kuliner enak yang belum sempat kami coba karena keterbatasan waktu.

Perjalanan berlanjut ke Solo karena kami sudah booking hotel Lorin Hotel Solo yang kami dapatkan dengan harga sangat murah di Traveloka. Sama Seperti perjalanan Ambarawa-Salatiga, dari Salatiga menuju Solo juga membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan di temani hujan, panas trus hujan lagi tapi Si Blue masih bandel banget.

Wedhang Solo
Sampai di Lorin Hotel Solo sudah jam 6 Sore dan kami bersih-bersih dan sempat berenang di Kolam renang yang menurut saya cukup nyaman. Malam harinya kami keliling Solo untuk mencari makanan dan ketemu dengan tempat makan Angkringan Solo tidak begitu jauh dari Hotel tempat kami menginap. Dan saya memesan Wedhang Solo yang merupakan minuman dengan rempah-rempah yang hangat sekali di badan.

Kamipun pulang ke hotel dan istirahat karena besok akan melanjutkan pernjalanan ke Jogjakarta dan berencana mengunjungi Prambanan dan Candi Ratu Boko.