First Impression Suzuki GSX-R150 - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

First Impression Suzuki GSX-R150

First Impression Suzuki GSX-R150

Share This
Suzuki GSX-R150
Suzuki sepertinya sukses mendapatkan perhatian dengan meluncurkan 2 motor sport 150cc yang memiliki tenaga terbesar di kelasnya untuk saat ini. Tapi kali ini saya akan memberikan First Impression mengenai motor sport fairing keluaran Suzuki yaitu GSX-R150. 

Dari namanya sudah bisa kita ketahui bahwa motor ini memang di tujukan untuk kecepatan jadi jangan terlalu berharap dengan kenyamanan di motor ini. GSX - Racing 150 itu adalah kepanjangan dari R nya dan untuk yang S kepanjangannya adalah Street untuk di gunakan harian.

Mari kita lihat secara desain, tidak ada yang salah dengan desain motor ini, ketika semua pabrikan berlomba-lomba menggunakan 2 lampu yang ke menyipit di depan, Suzuki masih bertahan dengan DNS GSX nya yaitu dengan 2 lampu yang membuat dia berbeda dengan kompetitornya. Motor ini hadir dengan kesederhanaannya di bagian desain tapi memiliki karakter dari GSX yang sangat kental. Saya percaya dengan sedikit modifikasi maka motor ini akan sangat cantik jadinya. Tunggu Renderan saya mengenai modifikasi GSX-R150.

Di knalpot, dia memiliki 2 lubang pembuangan yang membuat motor ini memiliki suara yang lumayan ngebas, bagi yang pernah menggunakan Satria FU, pasti tidak akan begitu asing dengan suara dari mesiinya. yups..benar sekali karena mesin yang di gunakan basicnya dari Satria FU, Tapi Suzuki meng klaim mereka hanya menggunakan rangka mesin saja yang sama akan tetapi jeroan dari mesin ini sangat berbeda. Contoh lubang injeksi yang di Satri FU 8 Lubang, disini menjadi 10 Lubang. Dan tentunya tenaga yang lebih besar.

Motor ini kecil sekali, dan ramping, saya yang terbiasa menggunakan OLD CB150R ketika mencoba motor ini serasa naik motor Bebek karena sangat ramping sekali. Sudah terbayang bagaimana enaknya motor ini di bawa bermanuver di kemacetan tapi tetap saja pinggang anda akan pegal karena untuk postur saya 167 CM, Posisi riding lumayan bungkuk karena dia menggunakan stang yang underyoke.

Nah, ini yang sangat menarik kalau kita membahas mesinnya. Suzuki GSX-R150 menggendong mesin dengan 147,3 cc berpendingin air, DOHC 4 Valve 1 silinder dengan 6 speed kecepatan. Tenaga yang di hasilkan oleh motor dengan berat kosong 126 kg ini adalah 19,17 hp dan torsi maksimum 14 nm, itu merupakan tenaga yang besar untuk motor kelas 150 cc apalagi dengan berat motor yang ringan, pasti motor ini akan sangat kencang sekali.

Ada lagi satu hal yang istimewa di Suzuki GSX-R150 ini, yaitu fitur keyless yang biasanya hanya ada di moge di aplikasikan oleh Suzuki di motor dengan kubikasi 150cc ini. Fitur ini istimewa karena kunci hanya perlu di kantongi saja. Apabila berada dalam jarang maksimal 80 cm, maka tuas kuncu di tangki motor bisa di putar. untuk cara penggunaanya bisa di lihat di video yang saya sertakan dibawah.

Lantas dengan segala kelebihan yang di miliki, apakah motor ini memiliki kekurangan ?

Jawabannya adalah ada, satu dari segi model, tidak semua orang menyukai model seperti ini. contohnya Suzuki Inazuma yang dianggap sebagaian orang jelek tapi ada sebagain orang yang mengatakan bahwa itu motor ganteng (termasuk saya).

Kedua, kita tahu spare part Suzuki terkenal dengan mahalnya, kita berharap saja spare part untuk motor ini bisa lebih manusiawi.

Ketiga, Jok boncengers yang kelewat tinggi, harusnya Suzuki bisa belajar dari Yamaha R15 yang banyak di komplain karena jok boncengers yang tinggi sehingga sangat tidak nyaman untuk berboncengan, terlebih lagi Suzuki mengaplikasikan type Jok yang sama untuk GSX-S150 yang notabene adalah motor street fighter.

Saran saya untuk yang ingin meminang motor ini dan masih ragu, coba lihat langsung motor ini. Motor ini jauh dari kata fotogenic, tapi kalau sudah lihat langsung bisa klepek-klepek.

Demikian First Impression singkat dari saya, apabila ada kekurangan dan ada yang salah dalam artikel ini mohon di koreksi di kolom komentar di bawah ini.



No comments:

Post a Comment

Pages