Gesits, Motor Listrik Pertama Indonesia - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Gesits, Motor Listrik Pertama Indonesia

Gesits, Motor Listrik Pertama Indonesia

Share This
Indonesia adalah negara yang konsumtif itu juga berlaku di industri kendaraan roda 2. Itu terbukti dari penjualan sepeda motor di indonesia yang selalu mencapai angka yang mencengangkan setiap tahunnya. Jadi sepertinya Motor Nasional juga harusnya bisa unjuk gigi di negeri sendiri. 



Akhirnya lahirnya Gesits, sepeda motor listrik pertama buatan Indonesia. Motor ini di kembangkan oleh Institut Teknologi Seputuh Nopember (ITS) dan Garasindo. Gesits sendiri adalah singkatan dari “Garansindo Electric Scooter ITS”. Motor ini kabarnya akan diproduksi pada tahun 2017, dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015.

Jadi buat bro sis yang sudah tidak sabar, tahun depan kita sudah bisa membeli motor ini secara legal dan bisa digunakan di jalanan, dan untuk harga kemungkinan besar akan di bawah Rp. 20 juta. menarik bukan. mari kita lihat spesifikasinya.

Dari segi desain, motor ini adalah skuter yang apabila di lihat sangat sporty, hal ini di cerminkan dari lekukan-lekukan yang tajam dan meruncing di depan. Mirip dengan Honda Vario yang mengedepannya aerodinamika. 



Untuk kekuatan baterai, untuk sekali pengisian motor ini bisa menempuh jarak 80-100 KM. Karena motor ini di bekasi dengan baterai 5.000 Kwh berjenis Lithium Ion dan sekali pengisian memerlukan waktu 3-4 jam, Wah utnuk saya yang setiap hari PP Bekasi Timur - Cikarang cuma perlu di cash 2 hari sekali ni, pasti irit banget.

Pihak Garasindo mengklaim bahwa motor ini tidak kalah dengan motor skutik yang ber cc 125. karena dapat di pacu sampai 100 KMPJ. Untuk mesin sendiri, motor listrik  ini dibekali mesin dengan kekuatan sebesar 5 KW yang terpasang di atas rangka. Dengan mesin yang bekerja pada tegangan 96 Volt DC tersebut, Motor Listrik Gesits ini mampu melesat hingga kecepatan 110 Km/jam pada putaran ke 3.000 rpm dan maksimum torsi mencapai 15 Nm. Selain itu, dengan kemampuan daya baterai tersebut bisa bertahan hingga jarak tempuh 85 – 100 Km. Di sisi lain, tidak seperti kebanyakan skuter matic pada umumnya, Motor Listrik Gesits ini akan menggunakan sistem transmisi timing belt untuk memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya. Bahkan, penggerak motor listriknya dijamin tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati jalanan Indonesia yang sarat lubang dan genangan air di musim hujan. Tentu saja, jaminan aman spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut juga merupakan hasil uji dari ITS. 

Patut di tunggu motor seperti ini yang bersahabat dengan bumi, karena emisi gas buang sudah semakin membuat bumi kita sakit dan dengan adanya kendaraan ramah lingkungan seperti ini bisa menyelamatkan bumi tempat kita tinggal. 

Seharusnya pemerintah meringankan pajak untuk kendaraan ramah lingkungan seperti ini agar banyak yang menggunakan kendaraan seperti ini.

No comments:

Post a Comment

Pages