Sudah Sesuaikan Warna Lampu Anda dengan Aturan ? - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Sudah Sesuaikan Warna Lampu Anda dengan Aturan ?

Sudah Sesuaikan Warna Lampu Anda dengan Aturan ?

Share This
Bro sis, banyak di antara biker yang tidak mengerti mengenai warna lampu yang dipasangkan di kendaraan kita. Sebenarnya, ada aturan yang mengatur mengenai hal ini. Saya sendiri melihat banyak sekali yang memodifikasi lampu-lampu yang ada di kendaraan sehingga jauh dari kata sesuai dengan aturan, Terutama yang mengganti lampu utama dengan lampu yang terang banget seperti lampu tembak di lapangan bola dan kendaraann yang menggunakan rotator, jujur saya sangat Benci dengan kendaraan yang menggunakan Rotator selain kendaraan yang memang di peruntukkan, misalnya Ambulance, Mobil Polisi dan Pemadam Kebakaran. Biasanya kendaraan yang menggunakan Rotator sangat arogan di jalanan, sepertinya jalanan milik mereka sendiri. Beberapa hari lalu saya bertemu dengan mobil Toyota Fortuner di Kali Malang, Bekasi yang menggunakan Rotator ini. Benar-benar arogan sekali bahkan lampu merah saja di terobos dan Polisi hanya melihat dengan santai saja.

Disini saya ingin berbagi mengenai aturan yang mengatur mengenai hal ini. 
Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 pasal 23, yang mengacu pada Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 3, tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya, disebutkan warna lampu yang diperbolehkan.
Setidaknya ada sebelas ketentuan warna lampu kendaraaan, berikut lengkapnya.
1. Lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda.
2. Lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda.
3. Lampu penunjuk arah berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
4. Lampu rem berwarna merah.
5. Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda.
6. Lampu posisi belakang berwarna merah.
7. Lampu mundur dengan warna putih atau kuning muda, kecuali untuk kepeda motor.
8. Lampu penerangan tanda nomor kendaraan bermotor di bagian belakang berwarna putih.
9. Lampu isyarat peringatan bahaya berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
10. Lampu tanda batas dimensi kendaraan bermotor, berwarna putih atau kuning muda, untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 mm untuk bagian depan, dan berwarna merah untuk bagian belakang.
11. Alat pemantul cahaya berwarna merah, yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan bagian belakang kendaraan Bermotor.
Jika masih nekat mengganti warna lampu kendaraan, bersiap untuk dikenakan sanksi sesuai dengan pasal 286. Bunyinya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan, yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat 3 juncto pasal 48 ayat 3, dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

1 comment:

Pages