Tips untuk Bensin tidak boros di mobil Matic/Automatic - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Tips untuk Bensin tidak boros di mobil Matic/Automatic

Tips untuk Bensin tidak boros di mobil Matic/Automatic

Share This
Bro sis yang punya mobil matic pasti sudah tidak asing lagi dengan pom bensin karena memang mobil matic mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada mobil biasa. Hal ini di karenakan banyak di antara kita yang tidak mengetahui bagaimana caranya mengemudi yang bisa menghemat bahan bakar. 
Si Blue

Pertanyaanya mengapa mobil matic lebih boros daripada mobil manual ?

Hal ini di karenakan mobil matic beroperasi di RPM yang lebih tinggi daripada mobil manual karena rata-rata mobil matic memiliki jumlah speed yang lebih sedikit, Misalnya Si Blue (AN Sirion 2015) hanya memiliki 4 speed automatic, itu yang membuat RPM berputar lumayan tinggi.

Yang kedua, Ketika dalam posisi berhenti, mobil seakan tetap mau melaju waktu rem di injak, hal ini juga membuat bahan bakar menjadi boros.

Tips untuk bisa menghemat bahan bakar anda adalan:


  1. Apabila dalam kondisi macet, posisikan gigi ke N/Netral agar mobil berhenti dengan sempurna dan tidak akan melaju apabila rem tidak di injak. 
  2. Jangan membawa mobil grasak-grusuk, main injak pedal gas. Injak pedal gas perlahan-lahan, selain agar penumpang dan anda juga nyaman, bahan bakar anda juga akan bersahabat dengan kantong
  3. Perhatikan posisi RPM di kisaran 2.500 - 3.000 rpm
Saya sudah pernah mengaplikasikan metode ini dan benar saja lebih hemat, biasanya saya di kemacetan bisa 11 liter/KM dengan metode ini saya bisa mencapai 15 liter/KM. Bro sis bisa praktekan di mobil kalian masing-masing. semoga berguna.


No comments:

Post a Comment

Pages