Test Drive Singkat Datsun Cross, apakah Worth it untuk di pinang ? - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Test Drive Singkat Datsun Cross, apakah Worth it untuk di pinang ?

Test Drive Singkat Datsun Cross, apakah Worth it untuk di pinang ?

Share This
Minggu kemarin ketika sedang berada di Summarecon Mall Bekasi, ada pameran Datsun yang memamerkan mobil terbaru mereka yaitu Datsun Cross. Sempat berbincang-bincang dengan Mas Putut, Sales dari Datsun dan kemudian dia menawari saya untuk melakukan test Drive yang dilakukan di area parkir SMB. Tanpa membuang kesempatan untuk mencoba mobil ini sayapun meng iyakan. Menunggu sekitar 10 menitan, mobil test drivepun siap untuk dijajal. Yang digunakan untuk test drive adalah type yang CVT dan berwarna merah. Cukup bagus juga untuk warna merahnya seperti merah Mazda.


Melompat ke balik kemudi, pertama kali yang dirasakan adalah Murah, yups, dari desain dan material yang digunakan masih sangat LCGC sekali, mirip seperti sang kakak, yaitu Datsun Go. Meskipun agak sedikit tertolong dengan Head Unit yang sudah full digital dan touchscreen serta model rem tangan yang sudah seperti model mobil penumpang lainnya yang di letakkan ditengah.

Head Unit yang digunakan memiliki fitur yang lumayan lengkap dan yang penting tidak lemot, jadi cukup responsif apabila ingin berpindah dari satu menu ke menu yang lain, serta untuk volume dan beberapa menu disediakan tombol fisik sehingga mudah untuk dioperasikan.

Untuk kenyamanan jok, tidak ada yang istimewa juga meskipun diakui bahwa jok yang digunakan di Cross ini jauh lebih tebal daripada yang ada di GO. 

Lanjut, masukkan transmisi CVT ke D dan mulai melaju. Memang kehalusan transmisi CVT luar biasa saya yang biasa menggunakan transmisi automatik 4 speed punya Sirion yang masih merupakan matik biasa sangat terasa berpandingan kehalusannya. Dari tarikan mesin awal juga cukup halus, tapi sayang karena keterbatasan dari area test drive, saya tidak bisa begitu menggali tenaga yang bisa dihasilkan oleh mobil ini, sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan Datsun GO karena memang memiliki mesin yang sama. 

Kesenyapan kabin juga lumayan serta untuk suspensi memang di seting sedikit keras untuk menjaga mobil tetap stabil. 

Kesimpulan saya setelah mencoba sebentar mobil ini adalah, untuk desain eksterior memang mobil ini menawan, cantik dan macho jadi satu. Ditambah transmisi CVT serta sudah dilengkapi VSC(Vehicle Stability Control) dan fitur auto light. Menjadi nilai plus. Tapi sepertinya semua itu hilang ketika masuk kedalam, kesan mobil murah sangat terasa, mulai dari desain interiornya sampai kepada pemilihan material yang digunakan. Serta menurut saya dari segi mesin juga sedikit kurang bertenaga. 

Datsun menjual type CVT dengan harga Rp.175 juta. dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah mobil ini worth it untuk di beli ??

Dengan menambahkan beberapa puluh juta, anda bisa memiliki mobil yang mungkin lebih baik dari Cross, misalnya Daihatsu Sirion yang baru dengan semua fiturnya atau mobil bekas seperti Ford Fiesta yang sangat fun to drive.

Ini hanya opini pribadi saya, jadi untuk keputusan kembali lagi ke konsumen. saya harus jujur bahwa saya sangat menyukai model eksterior dari Datsun Cross ini.

No comments:

Post a Comment

Pages