Mobil Bekas Bisa Menjadi Pilihan Untuk Mudik, Bagaimana Memilih Mobil Yang Prima ? - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Mobil Bekas Bisa Menjadi Pilihan Untuk Mudik, Bagaimana Memilih Mobil Yang Prima ?

Mobil Bekas Bisa Menjadi Pilihan Untuk Mudik, Bagaimana Memilih Mobil Yang Prima ?

Share This
Musim mudik Lebaran sebentar lagi akan berlangsung karena dalam hitungan hari kita akan masuk dalam Bulan Suci Ramadha dimana semua Umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan full dan akan segera mudik untuk berlebaran di kampung halaman. Banyak pasti yang akan mudik dengan menggunakan moda transportasi darat khususnya mobil pribadi karena memang harga mobil yang cukup terjangkau dengan pembiayaan yang ada saat ini. Tapi, untuk yang memiliki uang tidak cukup untuk membeli mobil baru dan tidak ingin menggunakan skema cicilan, mobil bekas bisa menjadi pilihan.



Mobil bekas tidak selamanya buruk, tergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pemilik terdahulunya. Jadi bagaimana mengetahui mobil yang kita taksir sehat atau tidak ? berikut tips yang bisa saya share sesuai dengan pengalaman saya.

1. Cek Body

Body adalah bagian terluar dari mobil yang pasti akan paling sering terkena kontak dengan barang atau kendaraan lain, Untuk lecet-lecet kecil masih bisa di maklumi, tapi perhatikan apakah ada bekas tabrak atau penyok yang cukup parah. Dan apabila bisa coba lihat bagian bawah kolong mobil apakah sudah karatan atau tidak, karena persoalan karat ini cukup sulit diatasi. Tapi untuk mobil diatas tahun 2010 sepertinya masih akan aman dari karat karena rata-rata sudah menggunakan anti karat langsung dari dealernya.

2. Interior

Kalau saya pribadi yang pertama saya cari adalah mobil bebas asap rokok, karena saya tidak merokok dan bau rokok adalah salah satu bau yang paling susah di hilangkan dari mobil. Apalagi bila sang pengendara adalah perokok berat. Cara paling gampang adalah mencium bau interior mobil dan mengecek apakah ada bekas rokok di bagian pintu kanan dekat pengemudi. Dan yang tidak kalah penting adalah mengecek apakah mobil bekas banjir atau tidak, karena apabila mobil bekas banjir, mesinnya pasti akan bermasalah.

3. Mesin

Untuk bagian mesin, yang paling penting dicek adalah adakah rembesan oli yang keluar dari kisi-kisi mesin. Ini yang paling penting. karena apabila sudah terjadi kebocoran oli maka butuh dana yang cukup besar untuk memperbaikinya. 

4. Kaki-Kaki

Cara paling gampang dalam mengecek kaki-kaki adalah dengan test drive, karena dengan test drive kita bisa mencoba kenyamanan mobil tersebut dan suspensinya. yang paling penting diperhatikan adalah apakah ketika berjalan keluar bunyi-bunyi aneh dari kaki-kaki mobil, apabila ada bunyi-bunyian, biasanya oli suspensi sudah bocor dan perlu di cek oleh mekanik yang lebih mengerti.

Demikian share mengenai memilik mobil bekas, semoga bisa membantu brosis untuk memilih mobil untuk mudik Lebaran.

No comments:

Post a Comment

Pages