Bagaimana Memaksimalkan Kamera Smartphonemu untuk Foto Landscape yang menarik ? Berikut tipsnya - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Bagaimana Memaksimalkan Kamera Smartphonemu untuk Foto Landscape yang menarik ? Berikut tipsnya

Bagaimana Memaksimalkan Kamera Smartphonemu untuk Foto Landscape yang menarik ? Berikut tipsnya

Share This
Sudah cukup lama saya tidak menulis tips dan trik dalam Fotografi karena memang beberapa bulan ini perhatian saya lebih tercurah pada berita otomotif yang sedang saya gandrungi saat ini. Nah pada beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan ke Kalimantan yang membuat saya kembali memotret Landscape lagi, tapi tidak dengan DSLR yang biasa saya lakukan. Pada perjalanan kali ini, saya sengaja memotret menggunakan Smartphone karena ingin mengetahui seberapa efektifkah kamera Smartphone saat ini untuk keperluan travelling. Sebagai catatan saya hanya menggunakan Samsung Galaxy S5 yang dimana sudah termasuk smartphone "jadul" untuk era sekarang dengan bantuan Lensa Aukey fisheye dan wide angel. Ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

1. Komposisi

Hal ini selalu saya tekankan untuk mengatur komposisi sebaik mungkin agar foto terlihat lebih menarik, Komposisi sangat penting karena dengan komposisi yang kurang tepat, membuat sudut pandang penikmat foto juga akan berpengaruh. 


Contoh adalah foto ini, saya sengaja mengambil fokus untuk tiang-tiang lampu ini karena melihat komposisi yang bagus dengan latar matahari yang kekuningan dan sudah mau tenggelam, begitu orang melihat foto ini yang di lihat pertama kali pasti tiang lampu yang berada di tengah dan tiang yang di samping mengesankan membulat membungkus matahari hal ini bisa terjadi karena saya menggunakan lensa fish eye dari Aukey.

2. Gunakan HDR

Setiap kamera smartphone saat ini pasti sudah dijejali fitur HDR atau High Dynamic Range, jadi fitur ini sangat berguna ketika mengambil gambar dalam kondisi kontras yang sangat berbeda dimana ada area yang sangat terang dan ada area yang sangat gelap, contoh ketika sunset maupun sunrise. Dengan fitur HDR ini bisa membuat kontras difoto menjadi cukup dan enak di nikmati.


Foto ini saya menggunakan Mode HDR sehingga trotoar atau pembatas berwarna kuning hitam masih terlihat dengan baik.

3. Moment

Biasakan diri terbiasa membaca mana yang perlu di foto dan mana yang tidak perlu, karena setiap moment atau kejadian ada yang menarik dan tidak.


Contoh foto diatas, memang hanya foto jendela dari pesawat, tapi kesan pertama kali melihat foto ini adalah tenang dan rileks karena melihat hamparan awan dan langit yang biru.

4. Manfaatkan setingan Manual

Dibeberapa smartphone, kamera sudah dilengkapi dengan setingan manual, baik itu kecepatan rana, iso dan white balance. Nah, ini bisa digunakan karena akan sangat membantu ketika melakukan pemotretan Landscape karena kita bisa bebas mengatur seperti apa foto yang kita inginkan. Saran saya apabila ingin menggunakan kecepatan rana yang lama, gunakan tripod agar foto tetap fokus.

Foto ini saya ambil dengan mode manual seadanya di Samsung Galaxy S5.  Dengan bantuan lensa Wide dari Aukey. cukup membuat kesan dramatis karena sunrise ini saya berada di atas kapal yang membawa saya menyebrangi sungai kapuas di kalimantan barat.

Sekian dulu tips dan trik kali ini, next time saya akan memberikan tips dan trik khusus untuk komposisi foto Landscape. Untuk melihat hasil-hasil foto saya bisa mengunjungi link ini DISINI

No comments:

Post a Comment

Pages