Travel Kalimantan II : Jelajah Sungai Ayak - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Travel Kalimantan II : Jelajah Sungai Ayak

Travel Kalimantan II : Jelajah Sungai Ayak

Share This
Menghabiskan malam di Sekadau untuk beristirahat dan hari kedua ini akan melanjutkan perjalanan menuju Sungai Ayak, salah satu kecamatan yang berada di pinggir sungai Kapuas yang bisa memberikan banyak pengalaman menyenangkan.
Perjalanan dari Sekadau ke Sungai Ayak kurang lebih 40 menit dengan motor dan jalanan yang dilewati mulus dan sangat bagus. Untuk mencapai Sungai Ayak, perlu menyeberang Sungai Kapuas dengan menggunakan perahu kayu apabila menggunakan motor dan apabila menggunakan mobil bisa menggunakan ponton.

Sunrise dari atas Sungai Kapuas


Apabila musim kemarau, maka akan sangat terjal ketika naik dan turun dari penyeberangan ini. 

Pemandangan yang terjadi yaitu Sungai Kapuas yang merupakan daya tarik untuk para pelancong mengunjungi Sungai Ayak selain karena kebudayaanya yang merupakan campuran dari 3 etnis besar yaitu Melayu,Dayak dan Tionghua memberikan keunikan tersendiri disini.

Apa yang bisa di lakukan disini ? Kegiatan di Sungai Kapuas yaitu Memancing, berenang dan bermain di pantai yang sebagian berpasir dan apabila kemarau ada beberapa gundukan pasir yang akan timbul di tengah sungai. bisa menjadi tempat untuk bermain air.

Ada juga Danau Hijau Simpi yang tidak merupakan bekas penambangan emas yang sudah berlangsung ratusan tahun sekarang menjadi danau berwarna hijau tosca yang sangat indah dan tidak kalah dengan Danau Kolin di Belitung.

Ada beberapa air terjun juga yang bisa dikunjungi, untuk yang menyukai traking atau menjelajahi hutan, ada air terjun Menyembung yang terletak jauh kedalam dan harus menggunakan perahu kecil untuk masuk melalui sungai kecil kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan baru sampai ke air terjun ini. Terakhir kali saya mengunjungi Menyembung adalah ketika masih SMP. Sudah cukup lama. Ada juga air terjun Sumpit yang lebih mudah dijangkau. Saran saya, datangnya ketika musim penghujan karena apabila kemarau maka air diair terjun ini akan kering.

Pantai Sungai Kapuas


Sebenarnya untuk pariwisata, jelajah Hutan sangat mempunyai potensi besar apabila ada yang mengelola. buatkan penginapan atau camping groud di salah satu hutan dan untuk mencapai lokasi ini harus tracking dahulu. pasti akan menarik para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Contoh yang dibuat di Malaysia dan Kamboja dimana pariwisata Hutan sangat digemari oleh para turis. 

Menikmati Sunset di Dermaga Sunyat

Menikmati Sunset di Dermaga Sunyat

Perjalanan hari ini diakhiri dengan menikmati Sunset dari dermaga Sunyat yang indah sekali, dengan latar belakang Hutan dan Sungai Kapuas, Semburat jingga sore ini benar-benar indah sekali. Ini juga merupakan salah satu aktifitas yang bisa di lakukan di Sungai Ayak, Seandainya ada yang membuat penginapan dengan View Sungai Kapuas ini pasti akan sangat menarik.

No comments:

Post a Comment

Pages