Motor Listrik : Kendaraan Masa depan - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Motor Listrik : Kendaraan Masa depan

Motor Listrik : Kendaraan Masa depan

Share This
Semakin berkembangnya teknologi, kendaraan listrik sudah semakin mendapatkan hati dipara pengguna kendaraan khususnya roda dua. Memang kendaraan listrik tidak memberikan sensasi suara mesin yang meraung-raung apalagi dengan mesin 4 Silinder yang memiliki suara yang bikin hari meleleh. Tapi cepat atau lambat era kendaraan listrik akan menguasai dunia otomotif hal ini tidak lepas dari semakin berkurangnya minyak bumi yang berasal dari Fosil yang memerlukan jutaan tahun dalam pembentukannya, sedangkan energi dari listrik bisa didapat dari berbagai sumber.

Viar Q1


Saat ini ada beberapa motor listrik yang sudah dijual di Indonesia, yang pertama dan paling terjangkau adalah Viar Q1. Skuter keluaran pabrikan lokal Viar yang memiliki pabrik di Semarang ini cukup menggemparkan pasar motor listrik karena saat ini, ini adalah motor listrik paling murah yang On The Road alias ber STNK. Motor ini dipersenjatai Motor dari pabrikan Jerman yaitu Bosch tidak hanya Motor Listrik yang di suplai oleh Bosch tapi Baterai juga. Motor ini saat ini dijual di harga kisaran Rp. 17 Juta. Dalam 1 kali pengisian baterai motor ini bisa menempuh jarak 60 KM. lumayan jauh untuk motor dengan harga segitu.

Zero Motorcycle


Selanjutnya yang dimasukkan oleh importir umum adalah Zero Motorcycle. Motor ini secara resmi dijual oleh Garasindo. Ada 4 type yang dijual yaitu Zero S, Zero SR, Zero DS, Zero FX. Motor Zero ini sudah masuk dalam range high end karena harganya yang lumayan mahal diangka Rp.200 Juta sampai Rp.300 Juta. Lumayan untuk sebuah motor listrik. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan serta kemampuan jelajahnya dalam sekali pengisian baterai yang luar biasa. Tapi dengan harga segitu part yang ditanamkan juga kelas wahid semua, contoh suspensi belakang menggunakan Showa, ABS buatan Bosch, Tenaga yang mencapai 67 HP. Ini wow banget untuk ukuran motor listrik.

Energica Ego


Tahun depan, didunia balapan juga akan diadalan balapan Moto-E, dimana motor yang digunakan untuk balapan adalah motor listrik lansiran Energica yang keren banget. Tenaga yang dihasilkan motor ini 145 HP dan torsi 200 nm serta bisa mencapai kecepatan maksimal 240 KM/J. Motor ini memang memiliki potensi yang luar biasa. Untuk di Italy sendiri yang merupakan negara produsen motor ini sudah dijual bebas dan sudah tersebar stasiun pengisian baterainya diberbagai belahan negara Italy. Apabila nanti regulasi motor listrik sudah mendapatkan keringanan pajak dari Indonseia, motor ini bisa menjadi pilihan yang menarik dan pastinya harga tidak akan dibawah Rp.200 Juta.

Jadi memang era motor listrik sudah mulai dimana bumi yang semakin hari semakin tercemar karena pemanasan global harus secepatnya ditanggulangi.

No comments:

Post a Comment

Pages