Travel Vlog : Muara Teweh - Kalimantan Tengah, Kuliner Daging Rusa Yang Tidak Biasa - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Travel Vlog : Muara Teweh - Kalimantan Tengah, Kuliner Daging Rusa Yang Tidak Biasa

Travel Vlog : Muara Teweh - Kalimantan Tengah, Kuliner Daging Rusa Yang Tidak Biasa

Share This
Sudah cukup lama tidak menulis karena saya beberapa minggu ini ada pekerjaan di luar kota. Nah kali ini saya mau berbagi pengalaman ketika mengunjungi Muara Teweh, Ibukota Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.



Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang menuju Palangkaraya sekitar 2 jam perjalanan, setelah sampai Palangkaraya dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 8 Jam, bener. 8 Jam perjalanan darat. Hahaha, cukup menguras energi juga ya.

Sate Rusa
Perjalanan dari Palangkaraya star dari jam 18.00 dan kami beristirahat di Ampah dari jam 22.00 sampai dengan jam 02.00. Maksudnya istirahat cukup lama adalah agar ketika sampai di Muara Teweh sudah pagi. Dan perkiraan kami pas, sampai di Muara Teweh sekitar jam 05.30.

Karena ada pekerjaan jadi saya langsung mencari sarapan, dan sarapan disini adalah yang terkenal Nasi Kuning, tapi Nasi Kuning disini berbeda karena ada semacam Bumbu yang kental yang agak manis, dan saya tidak tahu itu bumbu apa. Tapi overall sih enak.

Setelah sarapan saya langsung menuju Pelabuhan untuk menggunakan Speed Boat menuju tempat saya akan bekerja beberapa hari kedepan.

Skip-skip, Pekerjaan selesai dan kembali ke Muara Teweh. Malamnya saya diajak Bang Dedet, yang selalu menemani saya selama berada di Bumi Borneo ini. Untuk makan Sate Rusa.

Ternyata tidak begitu jauh dan berada di tengah kota. Saya pun memesan Sate Rusa dan Tongseng Rusa. Cukup lama menunggu sekitar 20 menit akhirnya makanannya pun datang.


Secara tampilan memang tongseng dan satenya tidak berbeda dengan sate dan tongseng yang biasa, tapi rasanya sama sekali berbeda. Untuk tongseng, rasanya lebih asin dan tidak ada rasa manis atau gurih. jadi secara cita rasa memang berbeda, tapi yang enak adalah daging rusanya yang mantap. Tidak keras dan empuk banget, serta benar-benar seger. Lanjut ke Sate, rasa untuk bumbunya biasa saja, hanya menggunakan bumbu kecap. Tapi yang istimewa lagi-lagi adalah daging rusanya. Enak banget.


Tongseng Rusa


Menurut saya mungkin dari cita rasa bumbu bisa lebih dikembangkan lagi karena dengan olahan yang ada sekarang akan membuat orang cepat bosan. Tapi buat temen-temen yang berkunjung ke Muara Teweh, wajib mencoba hidangan yang tidak biasa ini.

No comments:

Post a Comment

Pages