Travelling : Kuil Buddha terbesar di Penang, Kek Lok Si. Arsitektur yang keren - eddywustory.com

Musik - Otomotif - Fotografi - Teknologi - Kuliner

Travelling : Kuil Buddha terbesar di Penang, Kek Lok Si. Arsitektur yang keren

Travelling : Kuil Buddha terbesar di Penang, Kek Lok Si. Arsitektur yang keren

Share This
Kembali lagi bahasan mengenai Penang, Sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat Malaysia ini memang banyak sekali tempat yang bagus. Kali ini kami berkesempatan mengunjungi Kek Lok Si Temple.  Perjalanan dari Georgetown sebenarnya mau ke Penang Hills dan kami menggunakan sepeda motor dengan sewa motor. Motor yang disewa dapat Honda Spacy dan dapat harga yang  cukup murah. Perjalanan dari Georgetown menuju Penang Hills cukup dekat dan melalui perbukitan. Sempat berhenti untuk makan disalah satu tempat makan yang cukup ramai dan tentunya harga yang didapat juga sangat bersahabat dengan kantong backpaker seperti kami.

Selesai makan kami kembali menyusuri jalanan di Penang untuk menuju Penang Hills, tapi ketika sampai disana ternyata ramainya bukan main. Antrian untuk naik kereta gantung saja sudah mengular sampai keluar dari gedung, dari pada membuat waktu, kami memutuskan untuk mencari tempat alternatif, akhirnya menemukan Kuil Kek Lok Si yang tidak kalah indah daripada Penang Hills. Dari Penang Hills cukup dekat hanya perlu motoran sekitar 5 menit, maka akan sampai kepada Kuil ini dan tentunya dengan drama nyasar masuk tempat parkir, kami malah parkir ditempat biasa bis-bis parkir, padahal diatas ada tempat parkir motor dibawah kuil. Aduuuhh. Beruntung ada seorang bapak-bapak yang memberitahu bahwa parkir motor bisa diatas.

Parkiran Motor ada dibawah bangunan ini
Kesan pertama melihat kuil ini adalah, Megah banget. Ada beberapa bangunan di kompleks kuil ini, dan tentu saja banyak yang sudah dikomersilkan. Pertama masuk adalah ruang doa pertama, pas diatas perkiran motor. Bangunannya khas dengan ornamen warna Merah dan kuning, yang menarik disini ada pohon harapan yang dimana teman-teman bisa menuliskan harapan dan kemudian menggantungnya di ranting-rantingnya. 
Kek Lok Si Temple
 O Iya, tempat ini terbuka untuk umum ya, tidak hanya yang beragama Buddha saja yang boleh masuk. Jalan lagi kearah atas, menuju stasiun mini kereta menuju ke kuil bagian atas yang ada patung Dewi Kwan Im yang besar sekali. Dari atas sini, pemandangan Kota Georgetown terlihat jelas dan sangat indah. Disini juga banyak sekali dijual pernak-pernik yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang-orang dirumah, tapi kami pribadi tidak begitu suka membawa oleh-oleh karena berat, hehehe.

Kek Lok Si
Puas menikmati Kota Georgetown dari ketinggian, kami bergegas menuju Pagoda dengan turun dulu dengan kereta, dan ternyata harus bayar, setelah hitung-hitung kami tidak jadi naik karena lebih memilih untuk kuliner uangnya hahahaha.

Pemandangan Kota Georgetown
Selepas dari Kek Lok Si, Kami menuju Balik Pulau untuk hunting durian Musang King, tapi sayang sekali baterai kamera habis dan tidak ada foto dari perburuan ini.  Perjalanan ke Balik Pulau sangat menyenangkan, udara yang sejuk, jalanan yang mulus serta rumah-rumah pedesaan Malaysia yang persis seperti pada kartun Upin dan Ipin. 




No comments:

Post a Comment

Pages